Selasa, 17 Desember 2019

#

Awas! Komplikasi Luka Bakar Bisa Merenggut Nyawa

Word BAC - Bagi sebagian orang luka bakar dinilai lebih ringan ketimbang luka terbuka seperti kena tusukan, teriris, atau luka gores. Padahal jika sudah masuk level tertentu, luka jenis ini bisa menimbulkan komplikasi yang membahayakan nyawa penderita. Apa saja jenis komplikasi yang berbahaya itu dan kenapa bisa berbahaya?

Luka Bakar
Ilustrasi Luka Bakar
Ini Komplikasi Berbahaya Luka Bakar Yang Harus Diwaspadai
Luka bakar memiliki empat tingkatan keparahannya berdasarkan dalamnya luka, mulai dari tingkat satu hingga tingkat empat, dimana luka yang terjadi hanya merusak jaringan atas kulit yang biasanya dapat diatasi dengan menggunakan produk promo obat luka tidak lengket di kasa, hingga merusak organ dalam tubuh yang rentan menimbulkan komplikasi.

- Infeksi
Lebih parah dari infeksi pada luka terbuka lainnya, pada luka bakar infeksi rentan terjadi pada darah akibat kulit yang terbakar. Kalau dibiarkan, maka infeksi akan lebih cepat penyebar ke seluruh tubuh dan menyebabkan organ tubuh tak berfungsi dan berujung pada kematian.

- Volume Darah Turun
Kondisi ini dapat terjadi ketika jumlah darah di dalam tubuh berkurang akibat rusaknya pembuluh darah yang terdampak dari luka bakar. Alhasil, jantung jadi tak dapat berfungsi dengan baik, karena darah yang dipompa ke seluruh tubuh berkurang. Makanya korban luka bakar sering mengalami gagal jantung.

- Gangguan Pernafasan
Pada luka bakar tingkat empat biasanya gangguan pernafasan sudah terjadi akibat penderita menghirup terlalu banyak asap, yang kemudian merusak paru-parunya dan berakibat sesak nafas parah, jika tidak ditangani segera bisa berujung kematian. 

- Gangguan Tulang dan Sendi
Jika luka bakar yang terjadi sudah sangat parah, bisa membuat tulang rapuh dan keropos dengan cepat, apalagi jika dalam proses perawatan luka tidak menggunakan cara merawat luka yang benar. Selain itu bentuk tulang dan sendi bisa berubah akibat luka tersebut sehingga saat sudah sembuh, penderita bisa mengalami cacat permanen.

Komplikasi luka bakar memang rentan terjadi, apalagi bagi korban kebakaran yang terlambat dievakuasi atau tidak mendapatkan perawatan yang tepat. Oleh karena itu kalau seandainya Anda mengalami luka atau ada kerabat yang mendapat musibah ini, harus benar-benar dipastikan menerika perawatan yang tepat, agar tidak berdampak pada keselamatan jiwanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar